Tiga Bulan 15 Jenazah Dipulangkan dari Malaysia

Kabid Tenaga Kerja Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Tenaga Kerja (Diskop UMTK) Kabupaten Sampang, Bisrul Hafi. (dok)

SAMPANG, koranmadura.com – Dinas Koperasi, Usaha Mikro, dan Tenaga Kerja (Diskop UMTK) Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, menyatakan  dalam tiga bulan belasan jenazah tenaga kerja Indonesia (TKI) telah dipulangkan dari Malaysia ke kampung halamannya.

“Sudah ada 15 jenazah TKI asal Sampang dipulangkan dari Malaysia, termasuk 1 orang hari ini. Mereka semua melalui jalur ilegal. Sedangkan yang jalur resmi masih belum ada,” tutur Bisrul Hafi, Rabu, 13 September 2017.

Menurut Kabid Tenaga Kerja Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Tenaga Kerja (Diskop UMTK) Kabupaten Sampang itu, mereka berasal dari Kecamatan Ketapang, Sokobanah, dan Kecamatan Karang Penang. “Paling banyak itu di Kecamatan Sokobanah, Mas. Kurang tahu persis berapa pastinya, karena saya ada di Jakarta, ” ujarnya.

Dia menjelaskan jenazah yang dipulangkan hari ini dari Malaysia atas nama Mustofa (52), warga Desa Pangereman, Kecamatan Ketapang. Dia meninggal karena menderita diabetes. “Tadi saya juga koordinasi dengan bagian TKI di Pamekasan,” ucapnya.

Sebenarnya kata Bisrul Hafi, kemungkinan besar ada jenazah TKI yang dipulangkan ke Sampang tidak terlacak. “Kalau TKI ilegal kadang langsung dipulangkan sendiri, padahal kami bantu transportnya. Sedangkan untuk bantuan sosial bisa dapat kalau mengajukan ke Dinas Sosial. Tapi, kalau tidak mengajukan, ya tidak dapat,” jelasnya. (MUHLIS/RAH)

BACA JUGA  Tertimpa Batu, Penambang Tewas hingga Ususnya Keluar

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here