Jelang Tutup Tahun, PAD Sektor Wisata belum Capai Target

Sejumlah wisatawan berlibur di salah satu destinasi wisata di Sumenep.

SUMENEP, koranmadura.com – Jelang tutup tahun, target Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pariwisata di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, belum terpenuhi.

Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Sumenep, Sufiyanto mengungkapkan, saat ini capaian PAD dari sektor pariwisata sekitar 96 persen dari yang ditargetkan.

Target PAD dari sektor pariwisata di kabupaten paling timur Pulau Madura tahun ini ialah Rp 322 juta. “Target PAD tahun ini hampir sampai target. Sekarang sudah 96 persen. Tinggal 4 persen,” ujarnya, Kamis, 7 Desember 2017.

Mantan Kabag Humas dan Protokol Setkab Sumenep ini memastikan, target PAD dari sektor pariwisata 2017 sinkron dengan jumlah kunjungan wisataan ke daerahnya sejauh ini. “Pasti sinkron,” ujarnya.

Menurut pria yang akrab disapa Sofi itu, kunjungan wisatawan domestik ke Sumenep tahun ini sudah mencapai 800 ribu lebih. Sedangkan kunjungan wisatawan manca negara telah lebih dari 3,5 ribu orang. Dia mengklaim, jumlah tersebut sudah melampaui target.

Untuk diketahui, sesuai regulasi retribusi pariwisata hingga sekarang masih Rp 2 ribu per orang. Baik wisatawan domestik maupun manca negara. Pemerintah berencana menaikkan retribusi pariwisata mulai tahun depan. (FATHOL ALIF/MK)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here