Menebak Peta Koalisi Pilkada Pamekasan

ilustrasi. (IST)

PAMEKASAN, koranmadura.com – Koalisi partai politik (parpol) di tingkat Jawa Timur, mulai terbentuk. Sejumlah parpol telah menjatuhkan dukungan kepada pasangan calon Khofifah Indra Parawansa-Emil Dardak dan Saifullah Yusuf dan Abdullah Azwar Anas .

Demokrat dan Golkar telah menerbitkan surat rekomendasi untuk pasangan Khofifah-Emil Dardak. Sementata Saifullah Yusuf-Abdullah Azwar Anas didukung PKB dan PDI Perjuangan.

Saat ini, masih terdapat sejumlah parpol yang belum menyatakan dukungan kepada dua pasangan tersebut. Masing-masing adalah PKS, PAN, PPP, Nasdem, Gerindra, dan PBB.

PPP sendiri telah memberikan sinyal lebih condong mendukung Khofifah-Emil Dardak. Pernyataan ini disampaikan Wasekjen DPP PPP, Achmad Baidowi, saat berkunjung ke Pamekasan, beberapa waktu lalu.

Meski enam partai tersebut belum menjatuhkan dukungan, formulasi tingkat Jatim ini dianggap sangat berpengaruh atas terbentuknya koalisi pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Pamekasan 2018 mendatang.

Ketua DPD Golkar Pamekasan, Rize Ikhawan Muttaqin mengatakan pengaruh koalisi tingkat Jatim sangat besar atas keberlangsungan kolaisi parpol untuk Pilkada di Pamekasan. Partainya potensial mengikuti koalisi tingkat Jatim.

“Koalisi Jatim sangat berpengaruh, Golkar sendiri potensi mengikuti koalisi Jatim,” kata Rize Ikhawan Muttaqin, Kamis, 7 Desember 2017.

Dengan demikian, Golkar berpotensi besar akan mengusung Kholilurrahman pada Pilkada Pamekasan, mengingat Demokrat dan PPP telah memmbocorkan bahwa rekom untuk Kholilurrahman akan segera diserahkan.

Sementata koalisi parpol yang mengusung Gus Ipul-Azwar Anas, yakni PKB dan PDI Perjuangan mengarah kepada Badrut Tamam. PKB dan PAN telah menyatakan akan mengusung politikus muda tersebut.

“PAN dan PKB sudah jelas mengusung Ra Badrut Tamam,” tutur Ketua PAN Pamekan, Heru Budi Prayitno saat dikonfirmasi awak media, beberapa waktu lalu.

PPP, Demokrat, Nasdem dan Golkar condong mengusung Kholilurrahman, sementara PKB, PAN, PKS lebih mengarah kepada Badrut Tamam. Sedangkan Gerindra dan PBB masih mengambang. (RIDWAN/MK)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here