Mengukur Kekuatan Parpol Pengusung Kholifah dan Berbaur di Pilkada Pamekasan

Pasangan Kholifah dan Berbaur. (ridwan)

PAMEKASAN, koranmadura.com – Pasangan Kholilurrahman-Fathorrahman (Kholifah) dan Badrut Tamam-Rajae (Berbaur) telah resmi mendaftar ke KPU sebagai bakal calon kepala daerah pada Pilkada Pamekasan, Madura, Jawa Timur.

Dua pasangan bakal calon tersebut diantar partai pengusungnya masing-masimg saat mendaftar ke KPU Pamekasan, Rabu, 10 Januari 2018.

Data di KPU Pamekasan, pasangan Kholifah diusung empat partai yaitu PPP, Demokrat, NasDem, Golkar, dan satu partai pendukung yakni Hanura yang tidak memiliki kursi di DPRD Pamekasan.

Dari empat Parpol tersebut, pasangan Kholifah mendapatkan dukungan 22 kursi di legislatif. Masing-masing 9 kursi dari PPP, 5 kursi dari Demokrat, 4 kursi dari Golkar dan 4 kursi dari Nasdem.

Komposisi Parpol pengusung Kholifah ini lebih unggul dari lawan beratnnya yaitu Barbaur, yang mendapatkan dukungan 16 kursi di legislatif. Jumlah kursi tersebut meliputi 5 kursi dari PAN, 5 kursi dari PKB, 3 dari Gerindra dan 3 dari PKS.

Dari 45 jumlah total kursi di DPRD Pamekasan, terdapat 7 kursi dari dua Parpol berbeda belum menentukan sikap yakni PDI Perjuangan dan PBB. Bahkan kedua Parpol ini cenderung abstain pada momentum Pilkada tahun ini.

Pemerhati politik asal Pamekasan, Zainullah mengatakan komposisi parpol pengusung dengan jumlah kursi signifikan belum tentu menjadi penentu kemenangan, tetapi di sisi lain sangat menguntungkan bagi pasangan calon.

“Meski dukungan kursi berbeda, pasangan Kholifah dan Berbaur ini memiliki massa yang cukup militan,” kata Zainullah, Jumat, 12 Januari 2018. (RIDWAN/FAIROZI)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here