Poros Tengah Pilkada Jatim Bubar, Gerindra Merapat ke Gus Ipul

Bakal calon gubernur Jatim, Saifullah Yusuf (Gus Ipul). (kompas.com/achmad faizal)

SURABAYA, koranmadura.com – Ketua DPD Partai Gerindra Jatim Soepriyatno menegaskan dan memastikan bahwa koalisi poros tengah yang berisi Partai Gerindra, PAN, dan PKS di Pilkada Jatim benar-benar bubar.

Partai Gerindra sendiri telah memastikan dukungan untuk Saifullah Yusuf atau Gus Ipul di Pemilihan Kepala Daerah Jawa Timur 2018.

Dukungan tersebut akan ditunjukkan oleh pengurus partai dengan ikut mengantar Gus Ipul mendaftar di kantor Komisi Pemilihan Umum Jatim, Rabu (10/1/2018) sekitar pukul 19.00 WIB.

“Kita nanti ikut yang mengantar yang mendaftar malam hari. Kami mendukung Gus Ipul,” kata Soepriyatno, Rabu (10/1/2018) pagi.

Sementara PKS telah lebih dulu bergeser mendukung Gus Ipul. Adapun PAN memilih mendukung pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Elistyanto Dardak, yang akan mendaftar ke KPU pada Rabu siang.

Dengan demikian, seluruh partai di Jatim mengerucutkan dukungan pada dua calon gubernur di Pilkada Jatim 2018.

Gus Ipul didukung PKB (20 kursi), PDI-P (19 kursi), PKS (6 kursi), dan Gerindra (13 kursi) dengan total kekuatan kursi parlemen 58 kursi.

Adapun Khofifah disokong oleh Partai Demokrat (13 kursi), Golkar (11 kursi), Nasdem (4 kursi), PPP (5 kursi), Hanura (2 kursi), dan PAN (7 kursi) dengan total kekuatan kursi parlemen sebanyak 42 kursi. (KOMPAS.com/DIK)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here