Menu

Jokowi: Tantangan Islam Memerangi Radikalisme di Medsos

Jokowi: Tantangan Islam Memerangi Radikalisme di Medsos
Presiden Joko Widodo membuka Konsultasi Tingkat Tinggi Ulama se-Dunia di Bogor, 1 Mei 2018. (metrotvnews.com)

BOGOR, koranmadura.com – Presiden Jokowi menyebut tantangan islam hari ini adalah memerangi radikalisme dan ujaran kebencian di media sosial (medsos). Hal itu diungkapkan Jokowi saat membuka Konsultasi Tingkat Tinggi (KTT) Wasatiyyah Islam di Istana Kepresidenan Bogor, Selasa, 1 Mei 2018.

“Di satu sisi dapat meningkatkan interaksi, namun di sisi lain media sosial juga digunakan untuk menyebarluaskan ujaran kebencian, bahkan digunakan untuk menyebarluaskan radikalisme,” katanya.

Baca: Presiden Jokowi Buka KTT Wasatiyyah di Istana Bogor

Dilanjutkan Jokowi, kondisi tersebut merupakan tantangan berat yang dihadapi Umat Islam. Namun, tantangan terberatnya adalah menyebarkan Islam yang Wasattiyah. Karenanya, Jokowi menyambut gembira diselenggarakannya KTT Ulama se-Dunia tersebut.

“Indonesia menyambut gembira menguatnya semangat moderasi dalam gerakan besar dunia Islam. Kami menyambut gembira forum konsultasi tingkat tinggi ini agar kita bisa berbagi pengalaman dalam tasamuk, dalam mengembangkan toleraansi, musyawarah dan berbagi pengalaman dalam tawasut, serta dalam wasatiyyah,” paparnya.

Untuk diketahui, forum KTT tersebut dihadiri oleh para ulama yang tak hanya berasal dari negara di Timur Tengah, namun juga dari negara-negara Eropa, dan Amerika. Para ulama tersebut akan melakukan diskusi mengenai Wasatiyyat Islam hingga tiga hari ke depan.

Utusan Khusus Presiden, Din Syamsuddin mengatakan, usulan ini pertama kali diinisiasi oleh Indonesia. Din juga sangat optimistis konsep ala Indonesia ini bisa menjadi model dunia untuk menyelesaikan permasalahan global. (METROTVNEWS.com/ROS/DIK)

  • 15
    Shares

Facebook Comments

Editor:
KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

KORAN MADURA

KORAN MADURA

KORAN MADURA

PAMANGGI

KORAN MADURA

KORAN MADURA

KORAN MADURA

LAPORAN KHUSUS

error:

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional