Mengenal Sosok Manusia Agung

Judul: Merayakan Hari-Hari Indah Bersama Nabi
Penulis: K.H. Husein Muhammad
Penerbit: PT Qaf Media Kreativa
Cetakan: I, Maret 2017
Tebal: 226 Halaman
ISBN: 978-602-60244-5-9

Nabi Muhammad SAW merupakan nabi sekaligus rasul terahir yang diutus oleh Allah untuk menyebarkan agama Islam. Nabi Muhammad merupakan sosok yang sangat agung dan memiliki kepribadian yang mulia baik di sisi Allah maupun umat Islam.

Nabi Muhammad lahir dari pasangan suami-istri, Abdullah bin Abdul Muthallib dan Aminah bint Wahb, pada hari Senin, 12 Rabiul Awal

Kelahiran beliau ke dunia merupakan anugerah terbesar. Sejak dari lahir sampai diutus untuk menyebarkan agama Islam, kelahariannya membawa angin segar tersediri. Kehidupan yang sebelumnya penuh dengan kezaliman, ketimpangan, kekerasan, penindasan, dan kebodohan lambat laut berubah menjadi kehidupan yang penuh dengan kasih sayang. Hal ini tentu saja sesuai dengan misi yang dibawa oleh agama Islam yaitu sebagai agama rahmatan lil ‘alamin.

Salah seorang ilmuwan ternama dari negara Amerika yang bernama Michael H. Hart menempatkan nabi Muhammad SAW di ranking pertama sebagai sosok yang memiliki pengaruh besar terutama dalam kepimpinan menyebarkan agama Islam.

Disamping itu, Prof. Snouck Hurgronje, orientalis terkemuka dari Belanda, Menyatakan: “Dunia telah banyak mengenal konsep ketuhanan, telah banyak individu yang hidup, dan misinya lenyap menjadi legenda. Sejarah menunjukkan tidak ada satu pun legenda itu yang menyamai bahkan untuk sebagian saja, dari apa yang dicapai Muhammad. Seluruh jiwa raganya ia curahkan untuk satu tujuan menyatukan untuk pengabdian kepada Tuhan dalam aturan-aturan moral luhur.”

Mahatma Gandhi, tokoh legendaris dari India yang beragama Hindu, menulis: “… Saya semakin yakin bahwa bukanlah pedang yang menaklukkan sebuah daerah bagi Islam untuk hidup di zaman itu. Kesederhanaan yang teguh, Nabi yang sama sekali tidak menonjolkan diri, kesetiaannya yang luar biasa kepada janjinya, kasih sayangnya yang amat besar kepada sahabat dan pengikutnya, keberaniannya, kepercayaannya yang mutlak kepada Tuhan dan kepada misinya. Inilah, dan bukan pedang, yang mengantarkan segala sesuatu di hadapan mereka dan mengatasi setiap masalah.” (hlm.212).

Kekaguman orang-orang non-muslim kepada Nabi Muhammad SAW cukup beralasan berdasarkan fakta dan realita sejak dulu bahkan sampai sekarang. Kekaguman tersebut bagi orang-orang Islam ditunjukkan dengan berbagai bentuk, salah satu yang lumrah adalah dengan melaksanakan perayaan maulid Nabi yang dilaksanakan setiap tahun pada tanggal 12 Rabiul Awal.

Untuk mengenal lebih dekat tentang sosok nabi Muhammad, buku ini mempunyai nilai penting utamanya tentang berbagai hal yang harus kita ketahui secara komprehensif dan detail tentang kelahiran beliau, turunnya Al-Qur’an (Nuzul Al-Qur’an), isra’ mi’raj, Hijrahnya Nabi, Nishfu Sya’ban, dua Hari Raya (Idul Fitri dan Idul Adha), dan lain-lain.

Buku ini menarik untuk dibaca sebagai tambahan referensi tentang Nabi Muhammad dan agama Islam. Disajikan dengan bahasa yang sederhana dan kisah-kisah beliau diperkuat dengan rujukan kita-kitab klasik yang masih tetap berkaitan dengan keadaan saat ini. (*)

*Syahirul Alim, Guru dan Waka Kesiswaan MA 1 Annuqayah Guluk-Guluk Sumenep Jawa Timur.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here