Menu

Bawaslu Akui Sumenep Merupakan Salah Satu Daerah Rawan Politik Uang

Bawaslu Akui Sumenep Merupakan Salah Satu Daerah Rawan Politik Uang

SUMENEP, koranmadura.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, tidak menampik bahwa kabupaten paling timur Pulau Madura merupakan salah satu kabupaten/kota yang masuk dalam Indeks Kerawanan Pemilu (IKP).

Komisioner Bawaslu Sumenep, Imam Syafi’i mengungkapkan, berdasarkan IKP 2019, kabupaten berlambang kuda terbang ini termasuk salah satu kabupaten/kota rawan terjadi politik uang atau money politic.

“Sehingga hal tersebut yang menjadi fokus pengawasan kami sejak awal, khususnya selama masa tenang hingga hari H pelaksanaan Pemilu 2019, dalam rangka menciptakan Pemilu yang bersih dan bermartabat,” ungkapnya.

Namun demikian, dia menegaskan bahwa sejauh ini pihaknya belum menemukan ataupun mendapat laporan dari masyarakat terkait adanya praktik politik uang. “Sampai sekarang kami fokus melakukan pencegahan dan pengawasan,” tambah dia.

Sementara mengenai daerah-daerah pemilihan (Dapil) yang sangat rawan, menurut pria yang akrab disapa Imam ini praktik politik uang sulit untuk dibaca. Sebab di mana saja memiliki peluang yang cukup tinggi. “Tapi yang pasti, kami sudah melakukan upaya pencegahan dan pengawasan agar hal itu tak sampai terjadi,” pungkasnya.

Terkait IKP, sebelumnya Ketua Bawaslu Jawa Timur, Moh. Amin mengatakan, setidaknya ada tiga hal yang diantisipasi betul terkait kerawanan menjelang Pemilu 2019, khususnya di wilayah Madura. Termasuk di Sumenep. Pertama memang terkait money politic.

Selain politik uang, yang kedua pihaknya mengantisipasi semakin masifnya penyebaran berita bohong atau hoaks. “Di samping itu yang juga menjadi fokus kami ialah kemungkinan adanya ketidaknetralan penyelenggaran di hari H pelaksanaan Pemilu,” ujarnya di Sumenep, Senin, 15 April 2019. (FATHOL ALIF/ROS/VEM)

  • 56
    Shares

Facebook Comments

Editor:
KOMENTAR

ADVERTISEMENT

PAMANGGI

ADVERTISEMENT




Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional