Menu

Harga Rumput Laut di Pamekasan Mulai Melorot

Harga Rumput Laut di Pamekasan Mulai Melorot
Salah seorang pembudidaya rumput laut di pesisir Pantai Jumiang, Kecamatan Pademawu, Pamekasan sibuk panen, Senin 15 April 2019. (ali syahroni)

PAMEKASAN, koranmadura.com – Pembudidaya rumput laut di pesisir pantai Jumiang, Desa Tanjung, Kecamatan Pademawu, Pamekasan, Madura, Jawa Timur mulai panen. Namun, harga rumput laut mengalami penurunan.

Hal itu disampaikan seorang pembudidaya rumput laut asal Desa Tanjung, Kecamatan Pademawu, Abdurahman. Menurutnya, harga rumput laut kering seminggu lalu masih Rp 18 ribu per kilogram, saat ini sudah turun ke harga Rp 16 ribu per kilogramnya.

“Kalau sudah mulai musim panen seperti sekarang ini, harga rumput laut pergerakannya ke bawah turun dua ribu rupiah dibanding seminggu lalu, meski kualitas produk rumput laut saat ini terbilang bagus,” kata Abdurrahman sembari bekerja panen rumput miliknya.

Abdurrahma tidak tahu penyebab utama harga rumput laut dikalangan pembudidaya menurun. Dia hanya memperkirkan akibat dari hasil panen melimpah sementara kebutuhan akan rumput laut masih sama.

“Ketika harga barang diserahkan ke pasaran, yang berlaku hukun ekonomi bebas. Stok barang sama dengan harga, jika barang sedikit harga mahal, tapi kalau sudah barang banyak harga akan turun. Mungkin seperti itu yang terjadi pada harga rumput laut di (Pamekasan) sini,” katanya. (ALI SYAHRONI/SOE/DIK)

  • 16
    Shares

Facebook Comments

Editor:
KOMENTAR

ADVERTISEMENT

PAMANGGI

ADVERTISEMENT




Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional