Menu

PPDB Tingkat SMA di Bangkalan Gunakan Sistem Zonasi, Ini Pembagiannya

PPDB Tingkat SMA di Bangkalan Gunakan Sistem Zonasi, Ini Pembagiannya
Kepala Cabang Disdik Jatim Wilayah Bangkalan, Sunarto, saat memberi keterangan. (mail)

BANGKALAN, koranmadura.com – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA di Bangkalan, Madura, Jawa Timur, dengan sistem zonasi telah ditentukan. Hal itu disampaikan Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Timur wilayah Bangkalan, Sunarto.

Menurutnya, wilayah Bangkalan saat ini terbagi 4 zonasi. Zonasi, lanjutnya, merupakan sekolah yang diselenggrakan pemerintah dan wajib menerima paling sedikit 90 persen dari jumlah keseluruhan peserta yang diterima untuk calon perserta didik yang berdomisili pada radius terdekat.

“Jadi untuk mengetahui domisilinya itu acuannya nanti adalah KSK (Kartu Susunan Keluarga),” katanya, Rabu, 15 Mei 2019.

Sunarto menerangkan, sistem Zonasi ini hanya berlaku untuk SMA dan tidak berlaku untuk SMK. Sebab untuk SMK, menurut dia, menyesuaikan minat dan bakat yang dipilih oleh calon siswa baru.

“Jadi semisal ada siswa Bangkalan ingin sekolah kejuruan di Surabaya itu bisa,” tuturnya.

Namun, lanjut Sunarto, calon siswa bisa mendaftarkan dirinya di lain zonasi yang sudah ditentukan tanpa mengikuti domisili, namun harus bisa bersaing dengan siswa lain dari segi nilai yang tinggi.

“Boleh calon siswa itu mendaftar di lain zonasi yang ditentukan tapi yang di adu nanti nilainya,” tuturnya.

Berikut Zonasi yang telah ditentukan:

  • Zona 1 terdiri kecamatan Kokop, Geger, Tanjung Bumi, Sepulu, klampis, Arosbaya, Banyuates sedangkan nama-nama sekolah yang bisa diambil oleh siswa baru yaitu SMA Negri 1 Arosbaya, SMA Negri 1 Tanjung Bumi dan SMA negeri 1 Kokop.
  • Zona 2 terdiri kecamatan Modung, Jerengik, Galis, Sreseh, Blega dan konang sementara siswa yang berdomisili di kecamatan tersebut dapat mengambil sekolah SMA Negeri 1 Blega.
  • Zona 3 terdiri dari Kecamatan Labang, Kwanyar, Tanah Merah, Kamal dan Tragah. Siswa yang memiliki domisili tersebut calon siswa dapat mengambil Sekolah SMA di antaranya SMA Negeri 1 Kamal dan SMA Negeri 1 Kwanyar.
  • Zona 4 terdiri dari Kecamatan Berneh, Bangkalan dan Socah. Sedangkan calon siswa bisa mendaftar ke sekolah SMA Negeri 2 Bangkalan, SMA Negeri 3 Bangkalan, SMA Negeri 1 Bangkalan, SMA Negeri 4 Bangkalan. (MAIL/ROS/DIK)

Facebook Comments

Editor:
KOMENTAR

KORAN MADURA

PAMANGGI

KORAN MADURA

LAPORAN KHUSUS

ADVERTISEMENT




error:

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional