Menu

Yakin Kemarau Baik, PT Garam Naikkan Target Produksi hinga 50 Persen

Yakin Kemarau Baik, PT Garam Naikkan Target Produksi hinga 50 Persen
Tambak garam di Desa Marengan, Kecamatan Kalianget saat panen raya. (junaidi)

SUMENEP, koranmadura.com – PT Garam (Persero) memprediksi akhir bulan Mei 2019 bisa memproduksi garam. “Sebagian pekerja sudah mulai turun ke lahan, memulai garap lahan untuk produksi,” kata Budi Sasongko, Dirut PT Garam (Persero), Rabu,

Cauca di Kabupaten Sumenep mulai membaik sejak beberapa pekan lalu, bahkan saat ini mulai memasuki musim kemarau.

Menurut Budi, jika ke depan cuaca terus membaik maka akhir Mei sudah mulai panen untuk musim 2019. Sebab, produksi garam bergantung pada cuaca, jika tidak terjadi hujan, maka produksi garam akan semakin bagus. Sebab, rata-rata produksi garam di Sumenep masih menggunakan tenaga matahari.

“Kalau tidak ada kendala seperti hujan mendadak, InsyaAllah pada akhir Mei ini sudah mulai panen perdana. Semoga cuaca terus membaik,” jelasnya.

Tahun ini, PT Garam (Persero) menargetkan bisa memproduksi garam sebanyak 450 ribu ton. Target itu meningkat dibanding tahun 2018 yang hanya 300 ribu ton, atau naik 50 persen. Naiknya target produksi garam itu lantaran musim kemarau tahun ini diprediksi akan lebih bagus dibanding tahun lalu.

Saat ini PT Garam memiliki luas lahan sekitar 5.600 hektare. Lahan tersebut tersebar di Sumenep, Pamekasan, Sampang, upang, dan Nusa Tenggara Timur. Dari 5.600 hektare itu yang dimanfaatkan untuk produksi garam seluas 4.500 hektar. Sedangkan sisanya berupa fasilitas pendukung, seperti kantor, gudang, dan jalan. (JUNAIDI/BETH/DIK)

Facebook Comments

Editor:
KOMENTAR

KORAN MADURA

PAMANGGI

KORAN MADURA

LAPORAN KHUSUS

ADVERTISEMENT




error:

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional