Menu

Bangkalan Jadi Tuan Rumah Lomba Karapan Sapi Piala Presiden, Berikut Jadwalnya

Bangkalan Jadi Tuan Rumah Lomba Karapan Sapi Piala Presiden, Berikut Jadwalnya
Sepasang sapi melesat cepat saat seleksi karapan sapi tingkat kabupaten di Pamekasan. (Kompas.com)

BANGKALAN, koranmadura.com – Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur akan menjadi tuan rumah dalam lomba Karapan Sapi Piala Presiden 2019. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Bangkalan, M. Hasan Faisol, melalui Kabid Kebudayaan, Hendra Gemma Dominan.

Menurutnya lomba Karapan Sapi Piala Presiden ini pertama kali diletakkan di kabupaten yang berada paling ujung barat di pulau Madura. Pihaknya mengaku takkan menyia-nyiakan momen langka ini.

“Melalui lomba Karapan Sapi Piala Presiden yang diletakkan di Kabupaten Bangkalan ini menjadi kesempatan kita untuk memperkenalkan budaya Bangkalan, bahkan kita bisa memperkenalkan kuliner-kukiner khas Bangkalan,” kata Hendra, sapaan akrabnya, Jumat, 12 Juli 2019.

Hendra juga menjelaskan bahwa lomba ini memiliki 3 tahap, yaitu tahap seleksi dari tingkat kecamatan, kabupaten dan yang terakhir ke tahap kepresidenan. Sedangkan puncaknya pada tanggal 5 dan 6 Oktober 2019, tempatnya di Stadion Kerapan Sapi (Skep) Bangkalan.

“Saat ini fokus ke tingkat kecamatan, tanggal 22 September tingkat kabupaten dan tanggal 5 Oktober sapi sonok, sementara tanggal 6 Oktober lomba karapan sapinya,” jelasnya.

Sementara untuk anggaran acara lomba ini, Hendra mengaku bukan kewenangannya, karena menurutnya, anggaran dalam lomba ini sepenuhnya ada di Badan Koordinator Wilayah (Bakorwil).

“Kalau anggaran dalam acara lomba ini bukan pihak kami dari Disbudpar, anggaran ini kewenangannya Bakorwil di Kabupaten Pamekasan,” ujarnya.

Hendra berharap lomba Karapan Sapi Piala Presiden ini mendapat dukungan dari lapisan masyarakat Bangkalan, karena lomba ini pertama kali diadakan di Kabupaten Bangkalan.

“Semoga lomba karapan sapi ini sukses dan mendapat dukungan dari masyarakat Bangkalan karena kesempatan ini momen untuk mempromusikan Bangkalan,” katanya. (MAHMUD ISMAIL/SOE/DIK)

Facebook Comments

Editor:
KOMENTAR

KORAN MADURA # HUT KE-74 RI

PAMANGGI

KORAN MADURA # HUT KE-74 RI

LAPORAN KHUSUS

ADVERTISEMENT




Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional