Menu

Bocah SD dan SMP Menikah Direstui Orang Tua

Bocah SD dan SMP Menikah Direstui Orang Tua

KORANMADURA.com – Pernikahan anak kelas 6 SD dan SMP asal Musi Banyuasin, Sumatera Selatan viral di media sosial. Pernikahan itu ternyata sudah mendapat restu pihak keluarga.

“Pernikahan disaksikan orang tua kedua mempelai. Bahkan wali nikah pun orang tua mempelai perempuan,” terang Kadis Kominfo Musi Banyuasin, Herriyandi Sinulingga saat dikonfirmasi detikcom, Jumat (12/7/2019).

Kedua bocah itu, kata Lingga, menikah di rumah mempelai perempuan di Ngulak 1, Sanga Desa. Ketika akad, kedua keluarga pun hadir dan orang tua masing-masing sebagai wali nikah.

“Yang menjadi wali adalah Erwin selaku bapak kandung mempelai perempuan. Pernikahan terjadi dikarenakan keduanya memang sama-sama suka,” kata Lingga.

Selain itu, orang tua mempelai beralasan keduanya dinikahkan supaya tidak terjadi zina antara. Di mana mereka sudah lama kenal dan saling mencintai.

“Ya menurut keterangan kedua orang tua itu untuk menghindari perzinahan. Maka kedua orang tua sepakat untuk menikahkan secara adat atau di bawah tangan, nggak ada paksaan,” kata Lingga.

“Penikahan berlangsung kemarin malam. Pernikahan tersebut telah melanggar UU perkawinan No 1 th 1974, di mana batas usia perkawinan untuk pria minimal 19 tahun dan untuk wanita minimal 16 tahun,” kata Lingga tegas.

Sementara Lurah Ngulak, Herunei ketika dikonfirmasi memastikan tak ada pesta di rumah kedua mempelai. Dalam video viral itu hanya akad nikah dan memakai pakaian adat.

“Nggak ada pesta, itu hanya akad nikah saja di rumah karena di bawah umur ya nggak pesta. Seluruh keluarga sepakat,” kata Herunai.

Herunai menyebut rumah mempelai pria dan wanita berbeda desa namun masih satu kecamatan, Sanga Desa. Mempelai perempuan tinggal di Desa Ngulak 1 dan pria tinggal di Kelurahan Ngulak 1.

(DETIK.com/ROS/VEM)

Facebook Comments

Editor:
KOMENTAR

KORAN MADURA # HUT KE-74 RI

PAMANGGI

KORAN MADURA # HUT KE-74 RI

LAPORAN KHUSUS

ADVERTISEMENT




Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional