Menu

Ajak Sadar Lingkungan, Warga di Sumenep Gelar Upacara Hari Kemerdekaan di Sungai

Ajak Sadar Lingkungan, Warga di Sumenep Gelar Upacara Hari Kemerdekaan di Sungai
Warga Pabian melaksanakan upacara hari kemerdekaan di sungai setempat.

SUMENEP, koranmadura.com – Ada banyak cara dilakukan warga untuk mengisi peringatan hari kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia tahun 2019 ini. Salah satunya menggelar upacara detik-detik proklamasi dan pengibaran Bendera Merah Putih di sungai.

Salah satunya seperti dilaksanakan oleh warga Desa Pabian, Kecamatan Kota, Sumenep, Madura, Jawa Timur. Mereka menggelar upacara di Kali Marengan, bukan di lapangan seperti pada umunya upacara digelar.

Tak pelak, upacara yang digelar warga ini menarik perhatian banyak orang. Terutama para pengendara yang melintas di jalan raya dekat upacara berlangsung.

Salah seorang panitia pelaksana upacara di sungai itu, Mohammad Ilham menuturkan, ada dua maksud upacara hari kemerdekaan itu dilaksanakan di sungai, bukan di lapangan. Pertama memang untuk mengisi peringatan hari kemerdekaan.

“Kedua, melalui acara ini kami ingin mengajak semua pihak untuk bersama-sama sadar lingkungan. Kami ingin mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan. Termasuk sungai,” ujarnya.

Menurut dia, salah satu wujud kesadaran lingkungan ialah dengan tidak membuang sampah ke sungai. Sebab selain bisa mencemari, juga bisa menjadi faktor terjadinya banjir di saat musim penghujan.

“Bagi kami keberadaan sungai sangat penting karena mayoritas pekerjaan masyarakat di sini ialah bertani. Sehingga sungai ini juga berfungsi untuk mengairi lahan-lahan pertanian warga di sini,” ungkapnya. (FATHOL ALIF/SOE/VEM)

Facebook Comments

Editor:
KOMENTAR

KORAN MADURA

PAMANGGI

KORAN MADURA

LAPORAN KHUSUS

ADVERTISEMENT




error:

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional