Menu

Menhub Beberkan Cara Kerja Rumah Sakit Terapung

Menhub Beberkan Cara Kerja Rumah Sakit Terapung
Menhub Budi Karya Sumadi, Menkes Prof. Dr. dr. Nila Djuwita F. Moeloek, Sp.M dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat di Pelabuhan Kalianget dalam acara penandatanganan MoU dan perjanjian kerjasama serta pelepasan operasi rumah sakit terapung. (junaidi)

SUMENEP, koranmadura.com – Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, kini memiliki rumah sakit terapung. Terdapat dua kapal yang difungsikan sebagai pelayanan kesehatan. Dua kapal itu merupakan bantuan dari Kementerian Perhubungan dan Kementerian Kesehatan yang diberikan kepada Pemprov Jatim dan diletakan di Kabupaten Sumenep.

Baca: Kapal RS Terapung Resmi “Dilepas-layarkan” di Pelabuhan Kalianget

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, rumah sakit terapung merupakan yang pertama di Indonesia dan diletakan di Kabupaten Sumenep.

“Ini yang pertama di Indonesia dan diadakan di Jatim,” katanya di Sumenep, Kamis, 15 Agustus 2019.

Peluncuran rumah sakit terapung itu merupakan prototype atau proyek percontohan yang nantinya akan dikembangkan di sejumlah daerah lain di Indonesia, salah satunya bakal dilakukan di daerah Jawa Tengah.

Menurut Budi, kapal tersebut nantinya juga bisa difungsikan sebagai sarana transportasi. Kapal tersebut mampu menampung sebanyak 30 orang. Saat mengangkut orang, kata dia, akan terjadi interaksi antara petugas kesehatan dengan masyarakat.

“Rumah sakit punya fungsi transportasi, jadi pagi-pagi mereka berjalan, dua tiga jam sampai empat jam, siang hari dikala ombak tinggi mereka itu berlabu di pulau-pulau kecil itu, disitulah fungsi rumah sakit berjalan,” jelasnya. (JUNAIDI/ROS/VEM)

Facebook Comments

Editor:
KOMENTAR

KORAN MADURA

PAMANGGI

KORAN MADURA

LAPORAN KHUSUS

ADVERTISEMENT




error:

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional