Menu

Selintas Papua

Selintas Papua
MH. Said Abdullah (doc koranmadura.com)

Oleh: MH. Said Abdullah*

Papua bukan hanya eksotis keindahan alamnya sehingga mempesona siapapun. Provinsi paling timur itu karena menyimpan potensi kekayaan alam luar biasa selalu mengundang hasrat kekuatan luar untuk menguasainya.

Sepanjang menjadi bagian dari republik praktis selalu muncul riak-riak yang berupaya menciptakan kegaduhan di Papua. Korban jatuh berguguran dari putra-putra terbaik negeri ini sudah kerap terdengar. Sebuah gambaran betapa Papua memang memerlukan perhatian pemerintah.

Presiden Jokowi di era lima tahun kepemimpinannya sangat intens membenahi Papua. Setiap tahun sekitar 8 triliun digolontorkan dana otonomi khusus untuk pembangunan Papua. Angka itu belum termasuk dana reguler DAU dan DAK. Jangan lupa tak hanya dana, Presiden Jokowi sangat serius memberikan perhatian pada Papua sebagai wujud berkeadilan bagi seluruh daerah di negeri ini.

Harga BBM misalnya yang selama ini sangat mahal di era kepemimpinan Jokowi dibuat sama seperti daerah lainnya. Demikian pula berbagai kebutuhan masyarakat seperti bahan pokok, semen dan lainnya diupayakan sama.

Seorang kolonel, beberapa waktu lalu menceritakan betapa kepemimpinan Jokowi sangat serius membenahi Papua. TNI berdarah Minang itu bahkan secara tegas mengatakan bahwa baru di era Jokowi pembangunan daerah Papua bergerak. Sementara kepemimpinan sebelumnya praktis lebih banyak retorika.

Keterlambatan perhatian dan baru di era pemerintah Jokowi membuat ketakpuasan masyarakat Papua makin kental. Ini jelas makin memberatkan tugas Presiden Jokowi dalam membenahi Papua.

Akumulasi berbagai kepentingan makin mudah menyeret Papua ke dalam kegaduhan. Apa yang terjadi belakangan ini merupakan kenyataan riil betapa Papua sering menjadi ajang pertarungan kepentingan.

Wajar jika pemerintah harus berhadapan dengan kekuatan dari luar yang ingin mengail kepentingan. Namun sangat memprihatinkan jika berbagai kegaduhan justru muncul karena hal-hal elementer seperti miskomunikasi dalam pembinaan para mahasiswa dari Papua yang ada di berbagai daerah.

Persoalan Papua memang sangat kompleks. Kondisi alam yang masih perawan hingga sulit dijelajahi. Tingkat pendidikan, kondisi ekonomi masyarakat serta kesehatan yang masih perlu ditingkatkan mudah menjadi titik masuk munculnya kegaduhan.

Papua dan masyarakatnya merupakan bagian tak terpisahkan dari negeri ini. Mereka perlu mendapat perhatian dalam ikatan persaudaraan dari masyarakat daerah lainnya. Namun demikian tak kalah penting kesadaran dan bangkitnya masyarakat Papua sendiri untuk berkemajuan.

Dalam bidang olahraga terbukti anak-anak Papua mampu berprestasi. Sebuah bukti bahwa masyarakat Papua bisa mencapai kemajuan setara dengan saudara mereka dari daerah lainnya. Damai Papua, sejahtera seluruh warganya. [*]

*Wakil Ketua Banggar DPR RI

Facebook Comments

Editor:
KOMENTAR

KORAN MADURA

PAMANGGI

KORAN MADURA

LAPORAN KHUSUS

ADVERTISEMENT




error:

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional