Menu

Kondisi Sampah di Area Pelabuhan Kalianget Memprihatinkan, Salah Siapa?

Kondisi Sampah di Area Pelabuhan Kalianget Memprihatinkan, Salah Siapa?
Petugas bersih-bersih sampah di sekitar Pelabuhan Kalianget, tepatnya di dermaga sebelah barat. (fathol alif)

SUMENEP, koranmadura.com – Kondisi sampah di area Pelabuhan Kalianget, Sumenep, Madura, Jawa Timur, tepatnya di sekitar dermaga sebelah barat, cukup memprihatinkan. Hal itu terlihat saat tumpukan sampah-sampah itu dibersihkan, Kamis, 12 September 2019.

“Melihat kondisi sampah yang seperti ini, tentunya kami sangat prihatin,” ujar Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Pelabuhan Kalianget, Supriyanto.

Apalagi, tambah dia, sebetulnya di lokasi tersebut sudah disediakan tempat sampah. Baik oleh pihak PT. Garam maupun Kementerian Lingkungan Hidup.

Supriyanto menengarai, masih menumpuknya sampah di sana karena masih kurangnya kesadaran masyarakat setempat terhadap kebersihan lingkungan. Sehingga mereka masih membuang sampah tidak pada tempatnya.

“Kalau sampah yang datangnya dari laut tidak terlalu banyak. Karena arus berputarnya di sini cepat. Sampah dari laut tidak sempat masuk ke sini. Kami sudah melakukan survei, ternyata paling banyak sampah yang dari masyarakat,” tegasnya.

Ke depan, untuk mengantisipasi penumpukan sampah kembali, pihak KSOP Kalianget akan bekerja sama dengan pemerintah setempat agar menyediakan petugas untuk berjaga di lokasi yang biasanya dijadikan tempat pembuangan sampah.

“Sehingga ketika diawasi masyarakat bisa lebih tertib membuang sampah kepada tempat yang telah disediakan,” tambah dia.

Sekadar diketahui, bersih-bersih sampah di area Pelabuhan Kalianget pagi tadi melibatkan sekitar 300 personel. Kegiatan ini dilakukan secara serentak berdasarkan surat edaran (SE) Kementerian Perhubungan tentang Gerakan Kebersihan Pantai dan Laut. (FATHOL ALIF/SOE/DIK)

Facebook Comments

Editor:
KOMENTAR

KORAN MADURA

PAMANGGI

KORAN MADURA

LAPORAN KHUSUS

ADVERTISEMENT




error:

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional