Menu

Gerindra Tampung Politisi Kutu Loncat

Gerindra Tampung Politisi Kutu Loncat

JAKARTA – Ketua Dewan Pembina Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Prabowo Subianto siap  menerima para politisi kutu loncat dari partai politik lain sebagai calon anggota legislatif partai itu pada pemilu 2014 mendatang. Asal, memenuhi syarat-syarat yang ditetakan oleh partai yang didirikannya itu.

“Dia harus membuka baju partai lamanya. Kalau mau masuk ke Gerindra, ya pakailah Gerindra,” ujar Prabowo seusai acara syukuran lolosnya Gerindra sebagai parpol peserta Pemilu 2014 di kantor DPP Gerindra, Jalan Harsono, Jakarta Selatan, Kamis (17/1).

Tak hanya itu, pensiunan jenderal bintang tiga ituu juga menyampaikan beberapa syarat lainnya. “Dia Pancasilais, mampu fisik, mampu intelektual, berkelakuan baik, tidak boleh kriminal, dan tidak boleh narkoba,” lanjutnya.

Menurutnya, kepindahan seseorang dari satu partai ke partai lainnya tak boleh hanya dilihat secara negatif. Hal ini terkait dengan partainya yang tergolong partai baru.

“Kita tidak menilai apakah itu kutu loncat, jangan selalu negatif. Mungkin dia ingin mengabdi, pintar, mampu, tapi partainya tidak lolos. Dan lagi kalau pindah kan berarti tidak cocok. Kita ini partai baru, ada yang bekas Golkar, PDIP, patokannya adalah yang terbaik untuk rakyat,” jelas mantan menantu Soeharto, penguasa Orde Baru itu.

Partai Gerindra sudah dinyatakan lolos sebagai partai politik peserta pemilu 2014 oleh Komisi Pemilihan Umum 2014 mendatang. Dalam undian nomor di KPU pun, partai peserta pemilu 2009 lalu itu mendapat nomor urut 6.

Pada pemilu pertamanya 2009 lalu, partai bentukan Prabowo ini berhasil masuk parlemen karena memenuhi persyaratan parliamentary threshold 2,5 persen. Bahkan partai ini mampu melampau jumlah kursi Partai Hanura pimpinan Jenderal TNI Wiranto dan membentuk fraksi tersendiri di parlemen.

Tetapi pada pemilu presiden, Prabowo yang maju sebagai calon wakil presiden bersama Megawati Soekarnoputri kalah dari Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)-Boediono. Prabowo akan maju lagi sebagai calon presiden dari Partai Gerindra pada pemilu presiden 2014 nanti. (gam/aji/abe)

Tanggapi Facebook

Editor:
KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

PAMANGGI

LAPORAN KHUSUS

error:

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional