Menu

Dewan Minta Dishub Serius Kawal Rencana Renovasi Pelabuhan Kalianget

Dewan Minta Dishub Serius Kawal Rencana Renovasi Pelabuhan Kalianget
Salah satu perahu saat sandar didekat dermaga di Pelabuhan Kalianget yang rusak. (junaidi)

SUMENEP, koranmadura.com – Anggota Komisi III DPRD Sumenep, Moh Ramzi meminta Dinas Perhubungan (Dishub) Sumenep, serius mengawal rencana renovasi Pelabuhan Kalianget, Madura, Jawa Timur.

”Kami tetap mendorong rencana itu dan kami minta Dishub serius mengawalnya. Sehingga renovasi tahun depan tak hanya sebatas wacana,” katanya.

Seperti diketahui bahwa pelabuhan Kalianget sangat memprihatinkan. Dermaga penghubung hampir roboh, kondisinya miring. Bahkan salah satu tempat bersandar kapal juga sudah hancur. Mayoritas besi penyangga dermaga berkarat karena termakan usia.

Tidak hanya, sejumlah fasilitas seperti akses menuju pelabuhan rusak parah. Sarana dan prasarana pun juga tak refresentatif. “Melihat kondisinya, sejumlah fasilitas memang waktunya direnovasi,” jelasnya.

Ramzi menambahkan jika fasilitas itu tak kunjung direnovasi, pelabuhan itu tidak bisa difungsikan maksimal. Kapal-kapal tidak punya tempat untuk bersandar. Buktinya, lanjut Ramzi, sejumlah wisatawan yang datang ke Sumenep kapalnya selalau bersandar di Perairan Pulau Giligenting. “Kalau Sumenep ingin perubahan, ya infrastrukturnya harus diperbaiki juga. Sehingga orang saat berkunjung merasa nayaman,” tegasnya.

Sebelumnya Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sustono membenarkan kerusakan itu. Namun fasilitas yang rusak merupakan dermaga yang dikelola oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Saat ini kata Sustono, dirinya telah mengkomonikasikan kepada Pemerintah pusat. “Saya sendiri yang presentasikan, Maret kemarin,” kata Sustono.

Dari hasil koordinasi lanjut Sustono, kondisi pelabuhan itu akan segera diperbaiki. “Tahun 2018 ini masuk perencanaan sudah, jadi 2019 perbaikan bisa dimulai,” tegasnya. (JUNAIDI/SOE/DIK)

Tanggapi Facebook

Editor:
KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

PAMANGGI

LAPORAN KHUSUS

error:

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional