Menu

Wah! Dishub Bayar Rp 1,5 Miliar Setiap Bulan untuk PJU

Wah! Dishub Bayar Rp 1,5 Miliar Setiap Bulan untuk PJU
Salah satu PJU yang ada di Kabupaten Sumenep. (junaidi)

SUMENEP, koranmadura.com – Biaya yang dikeluarkan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Sumenep untuk penerangan jalan umum (PJU) setiap bulan cukup fantastis. Jumlahnya mencapai Rp 1,5 miliar setiap bulannya.

Anggaran tersebut diambilkan dari APBD 2018. “Untuk biaya PJU setiap bulan mencapai Rp 1,5 miliar,” kata Kabid Pengembangan dan Keselamatan, Dishub Sumenep, Edy Purwanto, Senin, 16 Juli 2018.

Menurutnya, anggaran yang dikeluarkan itu terdapat penurunan dibandingkan tahun sebelumnya. “2017 lalu beban biaya yang harus kami bayar Rp 1,8 miliar tiap bulan,” jelasnya.

Dikatakan, anggaran tersebut dibayarkan untuk penerangan sekitar 4 ribu titik PJU yang ada di wilayah Kabupaten Sumenep.

Kendati demikian, pihaknya optimis tahun 2019 anggaran untuk PJU lebih kecil dari tahun 2018. Karena sejak beberapa tahun Dishub mencanangkan program meterisasi, yakni beban dihitung dengan cara menghitung beban setiap titik.

“Sistem meterisasi ini penghitungan akan jelas setiap titiknya. Kalau dari dulu kita kan pakai sistem taksasi, yakni menghitungnya general, dipakai atau tidak dipakai sama saj, dan beban besar sekali,” terangnya.

Disamping itu, lanjut Edy, penurunan beban juga disebabkan banyaknya pergantian dari lampu biasa ke lampu LED. Menurut Edy, LED meski cahayanya lebih terang, beban biaya justru lebih murah.

“Jadi LED ini membantu mengurangi beban pembiayaan listrik yang tersebar di jalan-jalan raya yang ada di Sumenep. Kedepan kami diusahakan untuk terus menekan tingginya pembayaran,” imbuhnya. (JUNAIDI/ROS/DIK)

  • 43
    Shares

Tanggapi Facebook

Editor:
KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

PAMANGGI

LAPORAN KHUSUS

error:

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional