Menu

Wabup Sampang: Peningkatan Produk Unggulan akan Dikembangkan Melalui BUMDes

Wabup Sampang: Peningkatan Produk Unggulan akan Dikembangkan Melalui BUMDes
H Abdullah Hidayat saat membuka musrenbangcam Tahun 2020 di Pendopo Kecamatan Karang Penang-Sokobanah.

SAMPANG, koranmadura.com – Peningkatan Kontribusi Sektor Unggulan yang di Dukung Ketersediaan Infrastruktur Ekonomi yang Memadai menuju Sampang Hebat dan Bermartabat tampaknya takkan membutuhkan waktu lama untuk direalisasikan.

Pasalnya, pasca dilantik beberapa waktu lalu, Bupati-Wabup Sampang, H Slamet Junaidi – H Abdullah Hidayat bersatu padu untuk giat membangun Sampang. Bahkan kedua pemimpin visioner itu turun langsung membuka langsung pelaksanaan kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD untuk tahun 2020 di sejumlah Kecamatan.

Seperti apda Rabu, 13 Februari 2019, pelaksanaan Musrenbang RKPD tahun 2020 dilakukan di Kecamatan Karang Penang-Sokobanah yang dibuka langsung  oleh Wakil Bupati Sampang, H Abdullah Hidayat.

Dalam sambutan dan laporannya, Camat Karang Penang, Tri Jayadi menyampaikan di wilayahnya masih banyak warganya yang berpendidikan rendah. Hal itu bisa dibuktikan dari tenaga guru masih mengambil dari luar Kabupaten. Tidak hanya itu, sarana dan prasarana juga kurang mamadai.

“Di kesehatan, kesadaran masyarakat kurang makismal, bidan desa masih terbatas. Bahkan jika berobat harus ke kecamatan tetangga,” paparnya.

Anggota Komisi III DPRD Sampang, Sohibus Sulton menyampaikan, sejatinya di wilayah Kecamatan Karang Penang, dengan perkiraan sebanyak 1200 pengrajin genteng, perlu difasilitasi maksimal. Sebab sejauh ini bantuan alat-alat produksi untuk mereka malah menurun.

“Bantuan wales tahun lalu ada 15 unit dari DBHCT, padahal sebelumnya bantuan wales sampai 28 unit, maka ini perlu ada peningkatan bantuan karena apapun itu, mereka merupakan sumber PAD Sampang. Tidak lupa infrastruktur di wilayahnya harus ada peningkatan,” tutur politikus Gerindra Dapil V ini.

Terpisah, Camat Sokobanah Ahmad Firdausi, mengaku terkait kesehatan dan pendidikan juga perlu ada peningkatan. Akan tetapi menurutnya, ada beberapa hal yang saat ini harus diperioritaskan dan dikembangkan seperti adanya destinasi pariwisata alam pantai Lon Malang di Desa Bire Tengah serta produk unggulan sektor peetanian dan hasil laut.

“Sektor pertanian seperti Mente dan tembakau. Ada lagi hasil laut nelayan serta pengembangan budaya sapi sonok. Tapi yang paling jadi perioritas saat ini yaitu pengembangan destinasi wisata alam Pantai Lon Malang,” paparnya.

Wakil Bupati Sampang, H Abdullah Hidayat menyatakan, pelaksanaan Musrenbangcam RKPD di Kecamatan Karang Penang dan Sokobanah berlangsung dengan baik dan lancar. Namun demikian, perencaaan musyawarah tingkat kecamatan harus dievaluasi dan dilaksanakan dengan baik demi kemajuan bersama dan dirasakan oleh masyarakat. Untuk produk unggulan di dua Kecamatan ini berbeda yang tentunya akan menjadi program perioritas yang perlu dikembangkan.

“Karena ini pengelolanya dari BUMDes di desa masing-masing, maka kami akan support dan harus disuntik dana agar mereka bisa berkarya dan bisa dikembangkan, dengan harapan ada siklus peningatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat,” tegasnya.

Mengenai pendidikan dan kesehatan, pemerintah akan hadir sebagai pelayan masyarakat. Pihaknya akan meningkatkan sarana polindes dan kebutuhan di bidang pendidikan.

“Maka dari itu, suntikan dana melalui BUMDes ini harus dilakukan agar bisa dimanfaatkan untuk pengembangan di wilayah masing-masing,” pungkasnya. (*/Muhlis/SOE/VEM).

  • 13
    Shares

Tanggapi Facebook

Editor:
KOMENTAR

PAMANGGI

LAPORAN KHUSUS

error:

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional