Menu

39 Siswa SMP Keracunan Makanan Ringan di Acara HUT RI

39 Siswa SMP Keracunan Makanan Ringan di Acara HUT RI

KORANMADURA.com – Sebanyak 39 siswa SMP di Bekasi, Jawa Barat, keracunan makanan. Para siswa tersebut dirawat di puskesmas hingga rumah sakit.

“Kejadian kemarin di Bekasi Timur, jumlah yang diduga keracunan 39 anak dan ditangani 34 (siswa) di Puskersmas Wismajaya dan 5 (siswa) di RS Mekarsari,” ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Dezi Syukrawati, lewat pesan singkat, Selasa (20/8/2019).

Peristiwa itu terjadi pada Senin (19/8) kemarin di sebuah SMP di Kota Bekasi. Pihak sekolah menyiapkan sejumlah makanan ringan bagi para siswa dalam rangka acara perayaan HUT Kemerdekaan RI.

“Makanan ringan ada (kacang) sukro, susu dan lain-lain, tapi belum diketahui yang mana sebagai penyebab. Infonya dari toko makanan, tapi bahannya lagi diperiksa di Labor BBTKL-PP Kemenkes Jakarta. Makanan disiapkan dalam rangka peringatan memeriahkan 17 Agustus,” jelasnya.

Mendapat informasi tersebut, Tim Dinkes Kota Bekasi langsung turun untuk mengecek makanan ringan itu. Dezi menyebut pihaknya telah mengambil sampel makanan yang dimakan para siswa SMP itu.

“Untuk mengetahui keracunan dari makanan yang mana sample sisa makanan dikirim di BBTKL PP (Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit) Kemenkes Jakarta,” ujar Dezi.

Kejadian keracunan makanan di sekolah itu, sebut Dezi, baru sekali terjadi. Beberapa siswa yang memakan makanan ringan itu tidak mengalami keracunan.

“Iya hanya 39 anak yang mengeluhkannya,” ujar Dezi.

Saat ini, sebagian siswa yang keracunan sudah ada yang pulang ke rumah masing-masing. Beberapa di antaranya masih dirawat di rumah sakit untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

“Masih ada yang diobservasi di RS Mekarsari tapi pagi ini (kondisi siswa) sudah aman,” ujar Dezi.

Leih lanjut Dezi menghimbau masyarakat untuk selalu memperhatikan tanggal kedaluwarsa saat membeli makanan ataupun minuman. Perhatikan juga kemasan makanan.

“Kalau membeli makanan tolong diperhatikan kemasannya, apakah sudah terbuka atau belum lihat tanggal expired-nya. Perhatikan produsennya. Jika sesudah makan sesuatu jika ada keluhan segera ke layanan kesehatan,” ujar Dezi. (DETIK.com/ROS/VEM)

Facebook Comments

Editor:
KOMENTAR

KORAN MADURA

PAMANGGI

KORAN MADURA

LAPORAN KHUSUS

ADVERTISEMENT




error:

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional