Menu

Ini Produk Pangan Fungsional Kelor Hasil Kolaborasi Prodi THP Unija dengan Katering Waskita

Ini Produk Pangan Fungsional Kelor Hasil Kolaborasi Prodi THP Unija dengan Katering Waskita
Kolaborasi dosen Unija Sumenep dengan Katering Waskita dengan produk kue kering dan crackers berbahan daun kelor. (dok. THP Unija)

SUMENEP, koranmadura.com – Melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat, Prodi Teknologi Hasil Pertanian (THP) Universitas Wiraraja, Sumenep, Madura, Jawa Timur, berinisiatif menciptakan produk pangan fungsional berbahan baku lokal daerah dengan menggunakan dana internal Unija.

Mitra yang digandeng dalam kegiatan ini adalah Katering Waskita yang ada di desa Karangduak, Kecamatan Kota Sumenep yang diketuai oleh Ny. Roeshayati. Pelaksana kegiatan PKM ini diketuai Ratih Yuniastri, S.Si., M.Pd., yang beranggotakan Ismawati, STP, M.Sc., dan Rika Diananing P, STP, MMA., yang semuanya merupakan dosen prodi THP Unija.

Kolaborasi ini menghasilkan produk pangan fungsional berbahan baku kelor berupa produk kue kering dan crackers. Pelakasaan kegiatan itu pun menggagas tema “Pengolahan Kue Berbahan Baku Lokal sebagai Pangan Fungsional”.

Selaras dengan tema kegiatan, kolaborasi ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas, mutu, dan keunggulan hasil pertanian, khususnya sumberdaya lokal Sumenep. “Pangan fungsional merupakan makanan atau bahan pangan yang memiliki manfaat tambahan selain fungsi gizi dasar pangan tersebut,” ungkap Ratih, sapaan akrab ratih Yuniastri, S.Si., M.Pd.

Dengan hal itu, lanjutnya, produk baru hasil kolaborasi ini menambah varian kue kering yang telah ada di Katering Waskita.

“Selain menciptakan produk kue kering, kami juga ingin mengenalkan kepada masyarakat tentang alternatif proses pengolahan kelor,” tandasnya. (ROS/VEM)

Facebook Comments

Editor:
KOMENTAR

KORAN MADURA

PAMANGGI

KORAN MADURA

LAPORAN KHUSUS

ADVERTISEMENT




error:

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional