Menu

Implementasikan Nilai-nilai Pendidikan Karakter, Disdik Sumenep Tingkatkan Kualitas Guru PAUD

Implementasikan Nilai-nilai Pendidikan Karakter, Disdik Sumenep Tingkatkan Kualitas Guru PAUD
Disdik Sumenep menggelar Kegiatan Pembangunan Karakter Peserta Didik PAUD.

SUMENEP, koranmadura.com – Dinas Pendididikan (Disdik) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, terus berupaya mengimplementasikan pendidikan karakter kepada peserta didik Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Salah satunya melalui peningkatan kapasitas guru PAUD. Terkait hal ini, Disdik Sumenep telah melaksanakan Kegiatan Pembangunan Karakter Peserta Didik PAUD selama dua hari, Rabu hingga Kamis, 11-12 September 2019.

Kegiatan ini diikuti sedikitnya 100 guru PAUD yang tersebar di beberapa kecamatan di kabupaten paling timur Pulau Madura. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan serta kesadaran para guru terhadap pentingnya menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter terhadap peserta didiknya.

“Nilai atau karakter yang harus ditanamkan ke dalam diri peserta didik tentunya harus berlandaskan Pancasila. Karena hal itu yang nantinya akan mengilhami mereka dalam bertingkah laku dan bersikap dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Kepala Disdik Sumenep Bambang Irianto melalui Kepala Bidang Pembinaan PAUD dan Pendidikan Non Formal, Hj. R. Raihani.

Menurut dia, implementasi pendidikan karakter ke dalam diri peserta didik sejak dini sangat penting agar mereka tidak sampai terasing dari lingkungan dan budaya di sekitarnya. Apalagi masing-masing daerah di Sumenep, khususnya, memiliki budaya dan tradisi yang berbeda.

Untuk memastikan kegiatan tersebut berdampak dan betul-betul dilaksanakan oleh para guru PAUD yang ikut, menurut Hj. Raihani Disdik Sumenep akan memberikan pendampingan kepada mereka pasca kegiatan. “Tentunya secara bertahap,” tambahnya.

Salah satu materi yang disampaikan dalam kegiatan itu ialah materi bias pembiasaan. “Artinya para pendidik diharapkan mampu memberikan contoh dengan pola sikap yang ditampakkan kepada anak-anak didiknya,” kata dia, menjelaskan. (ADV/FATHOL ALIF/SOE/VEM)

Facebook Comments

Editor:
KOMENTAR

KORAN MADURA

PAMANGGI

KORAN MADURA

LAPORAN KHUSUS

ADVERTISEMENT




error:

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional